Kompetensi Lulusan Program Studi S1 Matematika UNDIP

1. Kompetensi Utama.
Kompetensi utama meliputi kemampuan lulusan untuk berkarir dalam bidang Matematika, baik menguasai teori dan aplikasinya maupun teknik komputasi yang didukung dengan penggunaan teknologi informasi dan perangkat lunak Matematika mutakhir untuk memenuhi kebutuhan dunia Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Industri dan Kehidupan Sosial. Kompetensi lulusan ini dicirikan oleh mata kuliah- mata kuliah inti yang prosentase SKS-nya sebanyak 65 % dari jumlah SKS yang harus diambil untuk menyelesaikan program S1nya.

2. Kompetensi Pendukung.
Kompetensi pendukung meliputi kemampuan lulusan untuk berkarir dalam bidang Matematika yang memiliki keahlian dalam:
a. Pemodelan matematika masalah-masalah nyata dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Industri dan Kehidupan Sosial.
b. Manajemen perencanaan dan pengendalian proses optimisasi di bidang industri, bisnis, pemerintahan dan kehidupan sosial.
c. Perekayasaan perangkat lunak sehingga mampu mendesain dan membuat sistem perencanaan dan pengendalian proses optimisasi dalam sistem jaringan dan perangkat lunak Matematika dengan memanfaatkan teknologi informasi.
d. Kewirausahaan dalam memenuhi kebutuhan perangkat lunak/ komputasi, industri, bisnis, pemerintahan dan kehidupan sosial.
Kompetensi ini dicirikan oleh mata kuliah- mata kuliah institusional, kecuali mata kuliah-mata kuliah penciri komptensi lain. Prosentase SKSnya sebesar 29% dari jumlah SKS program S1nya.

3. Kompetensi Lain.
Kompetensi lain yang bersifat khusus dan gayut dengan kompetensi utama adalah kemampuan lulusan untuk berkarir dalam bidang Matematika yang mempunyai landasan ilmu-ilmu dasar lain, kepribadian dalam memahami keanekaragaman budaya dan pluralisme dalam masyarakat, wawasan ekonomi, industri dan bisnis serta mampu berkomunikasi baik secara tertulis maupun lisan dalam bersaing di era global. Prosentase mata kuliah penciri kompetensi lain ini sebesar 6% dari jumlah SKS program S1nya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *