Sejarah Singkat

Program Studi Matematika Jurusan Matematika Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro berdiri tanggal 21 Oktober 1993 berdasarkan SK pendirian program studi oleh  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 0369/O/1993, namun prodi Matematika UNDIP sudah ada sejak tahun 1960-an yang bernaung di Fakultas Teknik sebagai program DIII Matematika. Akreditasi terakhir oleh BANPT  No. 032/BAN.PT/Ak.X/S1/I/2008 adalah B.

 

Visi :

Pada tahun 2020 menjadi Program Studi unggulan ditingkat Nasional dalam pendidikan, pengembangan dan penerapan Matematika dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Industri dan Kehidupan Sosial.

Misi :

  1. Membekali lulusan dengan konsep-konsep Matematika yang kuat dan fundamental agar mampu berperan dalam pengembangan dan penerapan Matematika pada Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Industri dan Kehidupan Sosial.

  2. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang berkualitas tinggi untuk mengikuti perkembangan dan penerapan Matematika pada Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Industri serta Kehidupan Sosial.

  3. Mengembangkan penelitian Matematika dan terapannya pada dunia Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Industri serta Kehidupan Sosial.

  4. Mengembangkan dan menyebar luaskan penerapan Matematika dalam penyelesaian masalah nyata.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, mampu menerapkan dan mengembangkan Matematika pada Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Industri serta Kehidupan Sosial dalam era persaingan global.
  2. Memberi bekal kepada lulusan dengan pengetahuan Matematika yang berkualitas, yang didukung Statistika dan Teknologi Informasi untuk pengembangan softskill dan kompetensinya.
  3. Mengembangkan kemampuan berpikir logis, analitis, sintesis, sistematis dan obyektif dalam menyelesaikan masalah nyata baik secara mandiri maupun kelompok.
  4. Menghasilkan karya ilmiah yang berorientasi pada penyelesaian masalah nyata pada Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Industri serta Kehidupan Sosial.

SASARAN

  1. Menjadi pusat pembelajaran program sarjana Matematika yang bermutu dan unggul dalam penerapan dan pengembangan  Matematika pada Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Industri, dan Kehidupan Sosial.
  2. Terwujudnya suasana akademik yang kondusif untuk menunjang proses pembelajaran Matematika yang efektif dan efisien.
  3. Terbentuknya laboratorium penelitian Matematika yang unggul, baik teoritis maupun terapan  yang mendukung pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Industri serta Kehidupan Sosial.
  4. Terbentuknya kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dengan lembaga pemerintah maupun swasta.
  5. Terbentuknya kelembagaan program studi yang kredibel, transparan, akuntabel, adil, dan bertanggung jawab dengan melibatkan semua komponen tenaga pendidik dan kependidikan dalam proses